Harga emas bergerak cenderung mendatar

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Harga emas terkoreksi tipis pada hari ini. Rabu (23/1) pukul 11.39 WIB, harga emas untuk pengiriman Februari 2019 di Commodity Exchange berada di US$ 1.283,30 per ons troi, turun tipis dari posisi kemarin pasar US$ 1.283,40 per ons troi.

“Permintaan emas dan safe haven memiliki hubungan yang stabil. Ada sedikit sentimen risk-off,”  kata Georgette Boele, analis ABN AMRO kepada Reuters.

Dia menambahkan bahwa penurunan pasar saham di Eropa dan AS serta keraguan akan kemajuan negosiasi dagang AS-China mendukung emas. Pesimisme pertumbuhan ekonomi global menggantungi pasar saham setelah IMF memangkas proyeksi pertumbuhan tahun ini dan tahun depan.

Di sisi lain, nilai tukar dollar AS hari ini menguat terhadap mata uang utama dunia. Indeks dollar berada di 96,31, naik tipis dari posisi kemarin. Indeks yang mencerminkan nilai tukar dollar AS terhadap mata uang utama dunia ini kembali ke atas level 96 sejak pekan lalu setelah cenderung tertekan akibat shutdown sebagian pemerintah AS.

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati
Editor: Wahyu Rahmawati

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati
Editor: Wahyu Rahmawati
Video Pilihan