Pelita Samudera Shipping (PSSI) kantongi pinjaman dari Citibank sebesar US$ 12 juta

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) berhasil memperoleh fasilitas pinjaman senilai total US$ 12 juta. Fasilitas pinjaman tersebut diberikan oleh Citibank NA dalam bentuk pinjaman jangka pendek dan pinjaman kontijensi tanpa ada jaminan apapun dari emiten jasa pelayaran itu.

Corporate Secretary Pelita Samudera Shipping, Imelda Agustina Kiagoes mengatakan, pemberian fasilitas pinjaman tersebut telah ditandatangani oleh kedua belah pihak pada tanggal 25 Januari 2019 lalu. 

Fasiltas pinjaman yang diberikan terdiri dari pinjaman jangka pendek dengan nilai US$ 10 juta dengan jangka waktu 12 bulan sejak tanggal penandatangan. Sedangkan untuk pinjaman kontijensi diberikan dengan nilai US$ 2 juta. Pinjaman tersebut memiliki jangka waktu yang sama dengan pinjaman jangka pendek.

“Fasilitas pinjaman jangka pendek akan digunakan untuk pendanaan jangka pendek, sedangkan pinjaman kontijensi akan digunakan untuk fasilitas Letter of Credit dan Standby Letter of Credit atau Guarantee,” demikian disampaikan oleh Imelda dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (29/1).

Imelda bilang fasilitas pinjaman yang diperoleh Pelita Samudera Shipping kali ini telah mendapatkan persetujuan dari sebagian besar pemegang saham lewat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar akhir tahun lalu. Rencananya fasilitas pinjaman yang diperoleh kali ini akan digunakan untuk meningkatkan modal kerja dan ekspansi bisnis di tahun 2019 lewat penambahan armada kapal.

Berdasarkan pemberitaan Kontan.co.id sebelumnya, Pelita Samudera Shipping berencana menambah 12 unit kapal baru dalam berbagai jenis pada tahun 2019. Untuk memuluskan rencana tersebut emiten yang berdiri pada tahun 2007 ini telah mengalokasikan dana untuk belanja modal paling sedikit US$ 40 juta.

Sementara, Direktur Komersial dan Operasi Pelita Samudera Shipping, Harry Chan menjelaskan bahwa pihaknya akan mendambah dua unit kapal induk yang daya angkutnya lebih besar ketimbang kapal berjenis barge atau tongkang. Menurut dia pendapatan dari satu unit kapal induk setara dengan tujuh kapal tongkang yang ditarik oleh tugboat atau kapal tunda.

Reporter: Rezha Hadyan
Editor: Yoyok

Reporter: Rezha Hadyan
Editor: Yoyok
Video Pilihan