Sarana Menara (TOWR) gencar ekspansi menara dan kabel fiber optik

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) terus gencar melakukan penambahan menara dan kabel fiber optik. Saat ini, TOWR telah menerima permintaan sebanyak 1.600 titik sewa yang harus diselesaikan pada tahun ini.

Direktur Utama TOWR Aming Santoso mengatakan, sepanjang 2018 lalu, Sarana Menara telah memiliki 17.437 menara dengan tingkat sewa sebanyak 28.319. Karena itu, Aming berharap TOWR terus menggelontorkan belanja modalnya seiring tingginya investasi operator telekomunikasi dalam perluasan jaringan.

“Kami berharap untuk penandatanganan berbagai perpanjangan kontrak sewa di kuartal I 2019,” ujarnya, Rabu (30/1).

Selain menara, permintaan koneksi fiber optik juga dinilai sangat potensial. Hal itu seiring dengan meningkatnya permintaan layanan data. Per 31 Desember 2018, TOWR telah membangun sekitar 9.400 kilometer (km) yang terdiri dari 5.000 km kabel fiber optik dan sekitar 4.000 km untuk penambahan fasilitas fiber untuk menara yang terbangun.

Saat ini, TOWR memiliki permintaan sewa kabel fiber sekitar 13.600 km untuk jangka panjang. “Adanya permintaan baru bakal menambah lebih dua kali lipat dari jaringan fiber optik eksisting,”ujarnya.

Secara bisnis, TOWR memperkirakan permintaan sewa untuk menara, fiberisasi menara, di tambah adanya kontrak sewa untuk high throughput satellite (HTS) akan menambah sekitar Rp 5,8 triliun pendapatan dalam bentuk kontrak sewa.

Reporter: Harry Muthahhari
Editor: Noverius Laoli

Reporter: Harry Muthahhari
Editor: Noverius Laoli
Video Pilihan